Sabtu, 30 Juli 2011

Cara Men-drible Bola

Dalam permainan sepak bola, men-drible bola adalah satu hal yang harus dimiliki oleh pesepak bola. Akan tetapi dalam permainan, drible adalah satu pilihan ketika pemain satu tim dalam penjagaan pemain lawan (tidak berdiri bebas).
Berikut ini adalah beberapa Tips dalam men-drible :
1. Pertahankan pusat gravitasi (gaya berat).
Pusat gravitasi sangat penting dalam skill men-drible bola. Sebagai gambaran bagaimana hal itu bekerja, coba kita tarik garis khayal/bayangan dari batang tubuh kita ke tanah. Maka pusat tersebut akan ditempatkan di antara kedua kaki kita, apabila kita menutup kedua kaki maka garis/pusat tersebut akan berada diluar kemudian kita akan jatuh (hilang keseimbangan). Akan tetapi jika kita membuka kaki atau jongkok sedikit maka kita bisa mempertahankannya.
2. Pelajari pergerakan lawan.
Sangat penting membaca dan mempelajari gerakan lawan sebelum bermain sesungguhnya. Terutama bila belum pernah bertemu, usahakan memata-matai cara pergerakan secara langsung ataupun rekaman pertandingan.
3. Jangan sering memainkan gerakan drible yang sama.
Ketika bermain, usahakan jangan melakukan gerakan drible yang sama lebih dari 2 (dua) kali pada lawan yang sama karena lawan akan cepat mempelajari gerakan tersebut.
4. Selalu melihat arah pergerakan.
Jangan melihat bola saat men-drible. Tetap fokus pada arah kemana akan bergerak, juga perhatikan gerakan lawan.
5. Tetap menjaga bola dekat dengan kaki.
Usahakan bola selalu dekat dengan kaki kita, bola yang terlalu jauh dari jangkauan akan mudah direbut oleh pemain lawan.
6. Gunakan kedua kaki.
Apabila ingin men-drible bola dengan baik gunakan kedua kaki, maksudnya kedua kaki harus aktif secara bergantian / variatif mengolah bola. Hal ini akan membuat lawan bingung membaca gerakan kita.
7. Jangan terlalu prediktif/meramalkan
Dalam permainan sepak bola sesungguhnya segala hal bisa saja terjadi. Oleh karena itu improvisasi dalam gerakan drible sangat diperlukan, jangan terfokus pada satu macam gerakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar