Sabtu, 30 Juli 2011

Ukuran Lapangan Sepak Bola



Ukuran Lapangan Sepak Bola

Permukaan Lapangan

Pertandingan dapat dilakukan di lapangan permukaannya dilapisi dengan rumput asli atau buatan / artifisial, sepanjang ketentuan tentang itu ditetapkandalam peraturan kompetisi yang berlaku. Warna dari rumput buatan harus hijau.
Apabila lapangan yang permukaannya terbuat dari rumput buatan / artifisal dipergunakan pada pertandingan antara team – team yang mewakili Asosiasi – asosiasi Anggota yang berafiliasi kepada FIFA atau pertandingan kompetisi antar klub internasional, permukaan artifisial itu harus memenuhi persyaratan Konsep Kualitas FIFA dari lempengan tanah yang dilapisi rumput buatan / artifisial atau memenuhi standart Internasional tentang lempengan tanah yang dilapisi rumput buatan / artifisial, pengecualian dari itu hanya dapat dilakukan atas dispensasi yang diberikan FIFA.
Marka – marka Lapangan

Lapangan permainan sepakbola harus berbentuk empat persegi panjang dan ditandai dengan garis – garis. Garis – garis ini termasuk dalam daerah permainan yang dibatasinya.
Dua garis batas yang panjang disebut garis samping. Dua garis yang pendek disebut garis gawang.

Lapangan permainan dibagi dalam dua bagian oleh sebuah garis tengah, yang bertemu dengan titik tengah dari kedua garis samping.

Titik tengah terdapat pada pertengahan garis tengah. Lingkaran dengan radius 9,15 m (10 yard) menandai disekelilingnya.
Tanda – tanda boleh dibuat diluar lapangan permainan, 9,15 m (10 yard) dari besar sudut dan garis tegak lurus dengan garis gawang dan garis samping, untuk memastikan bahwa pemain bertahan mundur sampai jarak ini ketika tendangan sudut dilakukan.
Dilarang untuk menandai lapangan permainandengan garis – garis putus atau bengkok – bengkok
Apabila seorang pemain dengan kakinya membuat tanda – tanda yang tidak diperbolehkan pada lapangan permainan, maka dia harus dihukum dengan peringatan (kartu kuning) untuk perilaku yang tidak sportif. Jika wasit melihat hal itu dilakukan pada saat pertandingan sedang berlangsung, dia harus menghukum pemain tersebut dengan peringatan (kartu kuning) pada saat bola meninggalakan lapangan permainan.
Hanya garis – garis yang ditetapkan di dalam peraturan lapangan permainan saja yang boleh ada di lapangan permainan.
https://lh6.googleusercontent.com/_ldOHWQpICrY/TYXBT3OJctI/AAAAAAAAAo4/n1uZpVF-Xbo/3_resize.JPG
Ukuran

Panjang dari garis samping harus lebih besar dari panjang garis gawang
Panjang (garis samping)       : minimal     90m (100 yard)
maksimal 120m (130 yard)
Lebar (garis gawang)            : minimal     45m   (50 yard)
maksimal   90m (100 yard)
semua garis harus mempunyai lebar yang sama dan tidak boleh lebih lebar dari 12 cm (5 inci).
Standart Lapangan Sepakbola Internasional

Panjang          : minimal   100m (110 yard)
maksimal 110m (120 yard)
Lebar              : minimal     64m   (70 yard)
maksimal   75m   (80 yard)
https://lh5.googleusercontent.com/_ldOHWQpICrY/TYXBWfNOh-I/AAAAAAAAApA/wRSe4hgt2L0/5_resize.JPG
Daerah Gawang

Dua buah garis tegak lurus dengan garis gawang dibuat pada sisi kiri dan kanan gawang, dengan jarak 5,5m (6 yard) diukur dari bagian sebelah dalam tiang gawang. Kedua garis ini ditarik ke dalam lapangan permainan dengan panjang 5,5m (6 yard)dan dihubungkan dengan garis yang sejajar dengan garis gawang. Daerah yang dibatasi oleh garis – garis ini dan garis gawang adalah daerah gawang.
Daerah Pinalti

Dua buah garis tegak lurus dengan garis gawang dibuat pada sisi kiri dan kanan gawang dengan jarak 16,5m (18 yard) diukur dari bagian sebelah dalam tiang gawang.. Kedua garis ini ditarik ke dalam lapangan permainan dengan panjang 16,5m (18 yard) dan dihubungkan dengan garis yang sejajar dengan garis gawang. Daerah yang dibatasi oleh garis – garis ini dan garis gawang adalah daerah pinalti.
Pada setiap daerah pinalti dibuat sebuah titik pinalti yang berjarak 11m (12 yard) dari titik tengah antara kedua tiang gawang dan sama jaraknya dengan tiang gawang tersebut.
Diluar daerah pinalti dibuat suatu garis busur / lingkaran dengan radius 9,15m (10 yard) dari masing – masing titik pinalti.
Tiang Bendera

Tiang bendera dengan tinggi kurang dari 1,5m (5 kaki) yang bagian atasnya tumpul dan dengan bendera terpasang, ditempatkan pada setiap sudut lapangan.
Tiang bendera boleh juga ditempatkan diujung garis tengah, tidak kurang dari 1m diluar garis samping.
Busur Tendangan Sudut

Untuk tendangan sudut, dari setiap bendera sudut dibuat seperempat lingkaran dengan radius 1m (1 yard) ke dalam lapangan permainan.
https://lh6.googleusercontent.com/_ldOHWQpICrY/TYXBUxAFIdI/AAAAAAAAAo8/tYeAboG_8uM/s576/4_resize.JPG
Gawang

Gawang harus ditempatkan pada bagian tengah masing – masing garis gawang. Gawang terdiri dari dua tiang tegak lurus yang sam jaraknya dari tiang bendera sudut dan dihubungkan secara horizontal oleh sebuah mistar / palang palang gawang.
Tiang gawang dan mistar gawang harus terbuat dari kayu, logam atau bahan lain yang disetujui. Bentuknya harus bujur sangkar, empat persegi panjang, bulat atau bulat panjang dan harus tidak berbahaya bagi para keselamatan pemain.
Lebar gawang adalah 7,32m (8 yard) dan jarak dari bagian paling bawah mistar / palang gawang ke tanah adalah 2,44m (8 kaki).
Lebar kedua tiang gawang  dan mistar / palang gawang sama, tidak lebih dari 12cm (5 inci). Lebar garis gawang sama dengan lebar tiang gawang dan mistar / palang gawang. Jarring gawang diikatkan ketiang gawang, mistar / palang gawang dan tanah di bagian belakang gawang, dengan syarat bahwa jarring gawang tersebut tersanggah dengan baik dan tidak mengganggu penjaga gawang.
Tiang gawang dan mistar / palang gawang harus berwarna putih. Jika mistar / palang gawang terjatuh / rusak, pertandingan dihentikan sampai perbaikan / pergantian selesai dilakukan. Jika tidak mungkin untuk diperbaiki, pertandingan ditunda / dibatalkan.
Penggunaan tali tali sebagai mistar gawang tidak diijinkan. Jika mistar / palang gawang telah diperbaiki, pertandingan dilanjutkan dengan bola jatuhan di tempat dimana bola berada ketika permainan dihentikan., kecuali apabila permainan dihentikan di dalam daerah gaawang, untuk kejadian ini wasit harus menjatuhkan bola di garis daerah gawang yang sejajar dengan garis gawang pada posisi yang terdekat dengan lokasi awal bola pada saat permainan dihentikan.
https://lh3.googleusercontent.com/_ldOHWQpICrY/TYXBYNE9_4I/AAAAAAAAApI/fw1egDQfzxg/2_resize.JPG
Iklan Niaga

Iklan niaga harus berada sekurang – kurangnya 1 meter dari garis pinggir lapangan permainan.
Dilarang memasang iklan komersil, baik secara terang – terangan atau terselubung di lapangan permainan, ditanah dalam area yang termasuk daerah yang dilingkupi oleh jarring gawang atau daerah teknik, atau 1 meter (1 yard) dari garis samping mulai dari tim memasuki lapangan permainan sampai mereka keluar pada saat pertandingan berakhir.
Pada prinsipnya tidak boleh ada barang / tanda yang bersifat promosi pada gawang, jarring gawang, tiang bendera maupun benderanya, termasuk memasangperlengkapan lainnnya (seperti kamera, mikropon dan lain – lain) pada perlengkapan tersebut.
Logo dan Lencana

Reproduksi, baik secara terang – terangan maupun terselubung, dari lencana – lencana atau logo – logo wakil dari FIFA, kofedarasi – kofedarasi, asosiasi – asosiasi anggota, liga – liga, klub – klub atau badan – badan lain dilapangan permainan, jarring gawang termasukdaerah – daerah yang dilingkupinya, gawang, tiang bendera dan bendera – bendera mereka terlarang selama bermain waktu
Pengamanan
Gawang harus tertanam dengan aman kedalam tanah. Gawang portable dapat digunakan apabila sudah memenuhi ketentuan ini.
Daerah Teknik

Daerah Tenik adlah yang berhubungan dengan pertandingan yang diselenggarakan di stadion – stadion yang mempunyai daerah tempat duduk khusus bagi ofisial tim dan pemain pengganti seperti yang dijelaskan dibawah ini.
Selagi posisi dan ukuran daerah teknik dapat berbeda antara satu stadion dengan stadion lainnya, dan uraian berikut ini dikeluarkan sebagai petunjuk umum :
  • Daerah teknik merupakan perluasan dari daerah tempat duduk yang ditentukan dengan jarak 1m (1 yard) kesamping kiri dan kanan serta kedepan berjarak 1 m (1 yard) dari garis samping
  • Disarankan membuat tanda – tanda untuk menentukan batas daerah ini
  • Jumlah orang yang diijinkan untuk berada didaerah teknik ditetapkan dalam peraturan kompetisi
  • Orang yang berada di daerah teknik sudah diidentifikasi terlebih dahulu sebelum pertandingan dimulai sesuai dengan ketentuan dalam peraturan kompetisi
  • Hanya satu orang pada suatu saat yang diijinkan untuk memberikan instruksi teknik dan dia harus kembali pada posisinya segera setelah memberikan instruksi
  • Pelatih dan ofisial lainnya harus berada di dalam batas – batas daerah teknik, kecuali dalam kondisi tertentu, misalnya fisioterapis atau dokter dengan seijin wasit dapat masuk lapangan permainan untuk memeriksa cedera yang dialami pemain
  • Pelatih dan ofisial yang berada di daerah teknik harus berkelakuan yang bertanggung jawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar